Daftar Posting

Kamis, 18 November 2010

SENI MUSIK PERJUANGAN

BAGIMU NEGERI
Pencipta Lirik dan Lagu : Kusbini


Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami.......

Lagu Bagimu Negeri merupakan salah satu lagu wajib/nasional yang sangat akrab di masyarakat. Pada acara tertentu yang bersifat formal, sering dinyanyikan untuk mengakhiri acara.
Sebagian masyarakat ada yang salah dalam menyebut judul lagu dengan Padamu Negeri. Lagu ciptaan Kusbini ini, dalam sebuh buku kumpulan lagu wajib/nasional/perjuangan, ada keterangan yang berasal dari apresiasi Bung Karno. Dalam catatan itu, tertulis, Bung Karno menyebut judul lagu ini dengan ejaan Bagimu Neg'RI, maksudnya Bagimu Negara Republik Indonesia. Sayang, saya tidak ingat data referensi buku itu.
Musik ini lahir dari kondisi masyarakat Indonesia yang sedang terjajah oleh bangsa asing. Dengan menggunakan musik, para pejuang berusaha mengobarkan semangat persatuan untuk bangkit melawan penjajah. Syair- syair yang diciptakan pada masa itu, umumnya berisi ajakan untuk berjuang, ajakan untui berkorban demi tanah air, dan sebagainya. Irama musiknya pun dibuat cepat dan semangat, serta diakhiri dengan semarak.

Ciri-ciri musik perjuangan adalah :
a. Pada umumnya diciptakan pada masa perjuangan.
b. Isi syair lagu berisikan tentang semangat juang dalam membela kemerdekaan
c. Biasanya menggunakan irama yang penuh semangat, dan tidak jarang pada akhir lagu ditutup dengan semarak (masqulin ending)
d. Contoh musik perjuangan : Halo-halo Bandung, Maju Tak Gentar, Hari Merdeka, Bagimu Negeri, Bandung Lautan Api dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar